Cara Mematikan Fungsi Post Revisions di WordPress

Post Revisions adalah salah satu fitur terbaik yang ada di cms WordPress. Kenapa terbaik? dengan adanya fitur ini, saat kita melakukan revisi/edit/perubahan pada tulisan blog, makan akan tersimpan history post/tulisan yang telah direvisi.

Mudahnya begini, ketika kita update sebuah postingan di wordpress, maka wordpress masih menyimpan postingan kita sebelumnya (versi sebelum diedit). Hal ini tentu menguntungkan apabila ternyata kita masih membuatuhkan postingan sebelum direvisi, siapa tau ternyata veri revisi lebih jelek dari pada versi sebelumnya. Kita bisa mengambil versi lama dan meng-update-nya lagi.

Namun, hal ini juga berdampak pada membengkaknya size database yang digunakan. Setiap positngan wordpress, secara otomatis akan tersimpan menjadi sebuah record(data) dalam database. saat ada revisi, maka wordpress akan menyimpan revisi tersebut menjadi data baru, walaupun konten/isinya hanya perubahan minor saja.

Masalah seriusnya adalah kalau kita sering melakukan revisi tulisan/postingan, itu artinya kita menumpuk banyak data kedalam database, yang mana sebenarnya yg dibutuhkan cuma satu. Nah, fitur Post Revisions ini bertugas membuat duplikasi postingan ke dalam database yang baru saja diupdate.

Jika revisi dilakukan terus menerus dan disimpan ke dalam database, maka database kita sizenya cepat sekali membengkak dan performa loading website kitapun akan menjadi lambat.

Terus, solusinya bagaimana? Solusi terbaik dalah mematikan fitur “Post Revisions” ini.

Cara mematikan fitur Post Revisions ini adalah dengan menambahkan baris kode dibawah ini ke dalam file wp-config.php

define('WP_POST_REVISIONS', false );

Dengan menambahkan baris kode diatas ke dalam file wp-config.php, maka secara otomatis akan mematikan fungsi Post Revisions WordPress untuk posting/tulisan terbaru. Sedangkan postingan lama masih tetap menyimpan data revisi yang mana masih memenuhi database. Untuk menghapus data-data posting revisi yang tidak terpakai, bisa dilakukan dengan melakukan query langsung ke database melalui phpMyadmin. Caranya, setelah masuk ke phpmyadmin dan memilih database yang dipakai, kemudian masuk ke tab menu SQL, ketikkan perintah seperti dibawah ini:

DELETE FROM wp_posts WHERE post_type = "revision";

Jika sukses, maka semua baris data posting yang tidak terpakai akan dihapus dari database dan database akan kembali lega, sehingga performa loading website juga akan meningkat.

Demikian cara mematikan fungsi Post Revisions pada WordPress, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.