Mengenal Composer

Sekitar tiga tahun yang lalu (2016), tepatnya waktu pertama kali saya mencoba salah satu framework php yang terkenal dengan nama Laravel. Salah satu syarat untuk instalasai Laravel adalah menggunakan Composer. Saya bingung apa itu Composer. Maklum, saya yang terbiasa menggunakan native php dan pernah mencicipi framework php Codeigniter belum tau apa itu Composer.

Cari tau (googling) sana sini, akhirnya ketemu web official-nya Composer. Dari web aslinya, disebutkan Composer adalah Dependency Manager for PHP. Maksudnya apa ya? Sepemahaman saya, composer ini semacam tool yang menjembatani aplikasi web kita dengan library-library yang terdapat di luar web kita. Dengan composer, kita bisa melakukan instalasi sebuah library dengan cepat tanpa harus melakukan dengan cara manual yaitu, download -> copy -> paste ke folder project web kita.

Composer bisa melakukan instalasi library ke dalam folder project kita tanpa harus dilakukan secara manual. sebagai contoh, kita membutuhkan library phptopdf (library untuk konvert data/tampilan ke PDF). Yang harus dilakukan cukup mendeklarasikan nama library tersebut ke file composer.json dan tinggal melakukan instalasi melalui comand promt atau terminal dengan perintah “composer install”. Secara otomatis, library tersebut akan diinstall/download ke dalam project web kita. Hebatnya lagi, kalau library terbesbut diupdate, maka kita tidak perlu melakukan/download manual update-annya, cukup ketikan perintah “composer update” pada CMD atau terminal.

Untuk penjelasan instalasi dan penggunaan Composer lebih detail, akan saya bahas ditulisan selanjutnya. Semoga tulisan mengenal composer ini bermaanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.